Senin , 25 September 2017
Home » Blogging » Tutorial Form PHP: Membuat Aplikasi Input Data Sederhana Dengan PHP

Tutorial Form PHP: Membuat Aplikasi Input Data Sederhana Dengan PHP

TUTORIAL – Selamat berjumpa kembali di Blog yang sederhana ini. Tulisan kali ini tentang Tutorial Form PHP: Membuat Aplikasi Input Data Sederhana Dengan PHP dibuat untuk membantu bagi yang sedang belajar PHP dasar. Dalam tutorial PHP ini akan dipelajari cara untuk membuat koneksi ke database dan CRUD data (Create, Read, Update, Delete) dengan studi kasus data pengguna. Tutorial ini masih dasar belum membahas tentang validasi inputan baik client side maupun server side. Untuk dapat mengikuti tutorial ini, pastikan kalian sudah menginstall server lokal pada PC Anda. Anda bisa menggunakan paket installasi XAMPP, WAMP atau AppServ sebagai bundled server Apache, MySQL dan PHP.

Membuat Form Input Data Dengan PHP

Form merupakan fitur yang sangat penting dalam sebuah website. Hampir seluruh situs modern membutuhkan form sebagai fitur utama, seperti form pendaftaran, form login, form register peserta, form pembayaran dan lain-lain.

Untuk dapat memproses data dari form, kita membutuhkan perpaduan antara kode HTML dengan kode PHP. HTML digunakan untuk menampilkan form, sedangkan PHP digunakan untuk memproses form. CSS dan JavaScript biasanya juga digunakan untuk mempercantik halaman dan memudahkan interaksi, namun dalam tutorial ini saya tidak akan membahas CSS dan JavaScript agar kita bisa fokus membahas pemrosesan Form dengan PHP.

Langkah 1 – Membuat Struktur Folder

Buat folder baru pada C:/AppServ/www/ jika menggunakan AppServ atau C:/xampp/htdocs jika menggunakan XAMPP dengan nama folder latihan_form. Folder ini akan menjadi area kerja kita dalam membuat aplikasi form PHP yang nantinya dapat diakses menggunakan browser dengan mengetikkan localhost/nama_folder. Karena nama folder kita adalah latihan_form, maka untuk mengakses aplikasi ketikkan localhost/latihan_form pada address bar browser kalian.

Langkah 2 – Membuat Database

Buat database dengan nama latihan_form. Kemudian buat tabel dengan nama user dengan data berikut:

Belajar Form PHP - Database

Langkah 3 – Membuat File Konfigurasi

Sebelum dapat melakukan CRUD (Create, Read, Update, Delete) data kedalam database, kita harus membuat koneksi ke database terlebih dahulu. Buat file baru dan simpan dengan nama config.php. File config.php ini nantinya akan banyak kita gunakan pada file-file lain yang perlu menghubung ke server untuk menyimpan, merubah, maupun menghapus data.

Belajar Form PHP - Membuat File Konfigurasi

Membuat File Konfigurasi

Langkah 4 – Membuat Form Input Data

Untuk membuat form input data ketikkan kode berikut, kemudian simpan dalam folder belajar dengan nama index.php.

Belajar Form PHP - Membuat Form Input Data

Membuat Form Input Data

Attribut action=”insert.php” adalah file yang digunakan untuk memproses data yang dimasukkan melalui form ini. Attribut method=”post” adalah metode pengiriman data yang digunakan. Ada dua jenis menthod untuk mengirim data, yaitu post dan get. Pengiriman dengan method POST berarti bahwa variabel-variabel data tidak ditampilkan pada url, sedangkan pengiriman dengan method GET, variabel-variabel data disertakan pada url.

Sekarang coba buka pada browser anda dengan mengetikkan localhost/belajar pada address bar browser. Akan tampil form input data seperti ini.

Belajar Form PHP - Tampilan Form Input Data

Tampilan Form Input Data

Langkah 5 – Menyimpan Data

Untuk membuat perintah simpan data yang dimasukan lewat form input data, ketikkan kode berikut, kemudian simpan dengan nama insert.php.

Belajar Form PHP - Menyimpan Data

Menyimpan Data

Syntax include() digunakan untuk menyertakan file lain dalam file ini. Ingat bahwa pada langkah pertama kita sudah membuat file config.php yang berisi konfigurasi untuk menghubung ke server, maka setiap kali kita perlu untuk menghubung ke database, kita cukup memanggil file config.php saja tanpa harus menuliskan kembali kode-kodenya.

Syntax include() digunakan untuk menyertakan file lain dalam file ini. Ingat bahwa pada langkah pertama kita sudah membuat file config.php yang berisi konfigurasi untuk menghubung ke server, maka setiap kali kita perlu untuk menghubung ke database, kita cukup memanggil file config.php saja tanpa harus menuliskan kembali kode-kodenya.

Variabel $_POST[‘name’] digunakan untuk menangkap value yang dikirim dari form. Untuk menangkap data, gunakan name yang sama dengan name dari form. Contoh: untuk menangkap data username dari form, maka gunakan $_POST[‘username’].

Syntax mysql_query() digunakan untuk menjalankan script SQL. Pada langkah ini, script SQL yang kita gunakan adalah untuk menambah data ke database.

Langkah 6 – Menampilkan Data

Setelah kita berhasil menyimpan data kedalam database, sekarang kita buat halaman untuk menampilkan data-data yang sudah kita simpan. Ketikkan kode berikut dan simpan dengan nama view.php.

Belajar Form PHP - Menampilkan Data

Menampilkan Data

Langkah 7 – Merubah/Update Data

Dalam menginputkan data bisa terjadi kesalahan seperti kesalahan input, kesalahan data yang dimasukkan, ataupun lainnya. Untuk itu, data yang sudah disimpan harus dapat dirubah sehingga kesalahan dapat diperbaiki. Pada dasarnya, form untuk mengedit data adalah sama dengan form untuk menginputkan data. Hanya saja pada form untuk mengedit data, form tersebut harus menampilkan data yang akan dirubah.

Untuk mempermudah buat file baru dengan nama edit.php, kemudian copy-kan semua kode yang ada pada file index.php kedalam file edit.php. Selanjutnya kita harus menambahkan beberapa kode agar form edit dapat menampilkan data yang akan di edit. Kode untuk file edit.php menjadi seperti ini.

Belajar Form PHP - Membuat Form Edit Data

Membuat Form Edit Data

Sampai langkah ini kita belum dapat melakukan perubahan data, kita baru dapat menampilkan data pada form edit. Untuk merubah data pada database, kita perlu membuat query SQL lagi untuk meng-update database dengan data yang baru. Buat file baru dengan nama update.php dan ketikkan kode berikut.

Belajar Form PHP - Membuat Update Data

Script Update Data

Langkah 8 – Menghapus/Delete Data

Setelah bisa menambah dan merubah data, sekarang kita buat untuk menghapus data. Buat file baru dengan nama delete.php dan ketikkan kode berikut.

Belajar Form PHP - Membuat Delete Data

Script Delete Data

Langkah 9 – Membuat Form Login / Logout

Untuk membuat form login, ketikan script berikut dan simpan dengan nama login.php

Belajar Form PHP - Membuat Form Login

Membuat Form Login

Untuk script logout, Anda bisa ketik script dibawah ini kemudian simpan dengan nama logout.php

Belajar Form PHP - Membuat Script Logout

Membuat Script Logout

Penutup

Cobalah ber-eksperimen membuat aplikasi dengan lebih banyak input-an data sehingga tabel di dalam database juga menjadi semakin banyak, agar pemahaman konsep dasar tentang pembuatan aplikasi web dengan PHP Anda semakin mendalam. Untuk pembuatan aplikasi yang lebih kompleks, tentu tutorial ini tidak cukup karena masih banyak sekali yang harus disertakan seperti validasi, security, user interface, dan banyak lagi materi lainnya yang akan dibahas dalam tutorial berikutnya. I hope you enjoyed this tutorial and have learn something new today. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*